Kreativitas siswa
merupakan kemampuan yang harus diasah secara rutin, kreativitas sendiri adalah
kemampuan seseorang dalam menciptakan gagasan atau sesuatu yang baru secara
orisinil yang bersumber dari pemikirannya. Kreativitas juga dapat diartikan
sebagai aktivitas kognitif yang menghasilkan suatu pandangan yang baru mengenai
suatu bentuk permasalahan dan tidak dibatasi pada hasil yang pragmatis (selalu
dipandang menurut kegunannya) dan prooses kreativitas bukan hanya sebatas
menghasilkan sesuatu yang bermanfaat saja, meskipun sebagian besar orang yang
kreatif hampir selalu menghasilkan penemuan, tulisan, maupun teori yang
bermanfaat.
Sebagai seorang pengajar atau guru yang baik, sebaiknya saat kita menerapkan kreativitas belajar pada siswa sudah seharusnya kita membuat ruang diskusi untuk siswa agar mereka mendapatkan tempat menyalurkan pendapat. Dengan begitu siswa diajarkan untuk berpikir kritis sejak dini.
2. Memberi lingkungan yang penuh suportif (dukungan)
Dengan memberikan lingkungan yang mendukung maka siswa merasa diberi ruang kreativitas lebih luas dalam melakukan pembelajaran. Jadi, hal ini merupakan salah satu langkah efektif untuk menumbuhkan tingkat kreativitas siswa.
3. Mendorong eksplorasi siswa dalam belajar
Untuk hal ini, maka guru dapat menjadi sosok contoh kepada siswa untuk terus mengeksplor pembelajaran dengan cara yang menarik, misalnya memberi praktek langsung ke alam untuk pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan praktek datang langsung ke galeri seni saat pembelajaran seni budaya dan program pembelajaran lainnya.
4. Mendorong siswa menemukan solusi dari permasalahan
Di sini peran guru untuk menjadi tokoh atau peran yang dapat menjadi contoh langsung untuk para siswa. Guru dapat mencontohkan pada siswa untuk mendapatkan solusi yang tepat dari masalah yang ada saat pembelajaran, misalnya mencari jalan tengah dari diskusi atau pendapat yang dibicarakan secara kelompok.
5. Memberi pujian dan dukungan
Pentingnya memberikan
pujian dan dukungan sebagai cambuk semangat dan siswa merasa diapresiasi atas
perubahan dan peningkatan dalam belajar.